ID | EN
Peduli Lingkungan, Subholding Integrated Marine & Logistics Wujudkan Go Green Lewat Program Revitalisasi Bank Sampah dan Tanam Mangrove

18 Nov 2021  SIARAN PERS

...

Subholding Integrated Marine Logistics (SH IML) melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sebagai group perusahaan yang bergerak di bidang kelautan bersama-sama mewujudkan operasional perusahaan yang ramah lingkungan selaras dengan 6 Pilar Pertamina, salah satunya yaitu Go Green. Lewat Program Revitalisasi Bank Sampah dan Tanam Mangrove ini merupakan upaya perusahaan untuk menorehkan implementasi sebagai perusahaan berkelanjutan yang berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan dan masyarakat.

Wujud penuh SH IML melalui kontribusi PTK, dengan senantiasa menjaga keberlangsungan lingkungan sesuai dengan komitmen Environmental, Social & Governance (ESG) melalui Program Revitalisasi Bank Sampah mulai bulan September 2021 di 3 lokasi. Pertama, Kegiatan Bank Sampah Sumber Rezeki di Omah Sinau Kelurahan Tanjungsari, Jambi Timur, 26 September 2021 lalu, turut mengundang beberapa tokoh masyarakat setempat untuk mengikuti pelatihan dan penyuluhan, juga penyerahan bantuan sarana Bank Sampah berupa pembangunan shelter untuk motor 3 roda pengangkut sampah dan Taman Kreasi. Peserta adalah anak-anak setempat diajarkan mengenai EcoBrick yaitu sampah botol plastik yang diisi oleh sampah kemasan plastik agar lebih padat dan kemudian digunakan sebagai bahan dasar untuk kreatifitas penyusunan kursi, meja atau bahan pengisi sekat tembok yang ramah lingkungan.

Kedua, 29 September 2021, Kegiatan Bank Sampah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fitri di Kota Medan diawali dengan sosialisasi guna memberikan gambaran terkait pembangunan gudang sampah yang diperlukan sebagai tempat penyimpanan sampah kering dari nasabah bank sampah sebelum nanti dikirimkan ke bank sampah induk atau digunakan untuk olahan bahan kreatif dari sampah. Gudang ini dibangun dengan tujuan untuk menjaga sampah yang disimpan aman dari hujan dan binatang pengerat.

Terakhir, Sosialisasi Kegiatan Bank Sampah Parrappunganta pada 09 Oktober 2021 di Kota Makassar. Hal ini dilakukan selaras dengan permintaan Ketua Bank Sampah Parrappunganta sebagai solusi terkait mesin kapal angkut sampah yang sudah mulai tidak berfungsi dikarenakan kebocoran oli dari pinggir mesin dan sering berasap. Tahun 2018 PTK memberikan bantuan perbaikan badan kapal dengan menggunakan fiber agar body kapal lebih kuat dan tahan lama, untuk memudahkan mengangkut sampah pulang pergi dari pulau Barrangcaddi ke kota Makassar.

Aksi bersih pantai merupakan bagian dari kegiatan Bank Sampah Parrappunganta untuk mengurangi tumpukan sampah di pinggir pantai yang sering menumpuk karena tersapu terbawa ombak hingga ke pinggir pantai pulau. Aksi ini dilakukan sekaligus mengumpulkan sampah yang memiliki nilai ekonomis dengan menggunakan kapal yang sudah diperbaiki untuk nanti dikumpulkan dan dijual kembali ke bank sampah Induk di Kota Makassar. Selain itu, bagian dari ajakan kepada masyarakat untuk bersama sama mendukung gerakan pilah sampah agar tumpukan sampah di pantai berkurang dan pantai bebas dari sampah.

Melalui Program Pengenalan Lingkungan dalam menjaga ekosistem di pesisir pantai sebagai wujud dukungan Go Green PWP PIS kepada perusahaan untuk masyarakat sekitar, turut berkontribusi melalui penanaman mangrove (16/11). Kegiatan ini selaras dengan pihak Taman Wisata Alam Angke Kapuk (TWAAK) mengusung tema #SedekahOksigen gratis dari penyerapan emisi sekaligus menghasilkan oksigen 5 kali lebih banyak daripada pohon tropis lainnya untuk masyarakat sekitar Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Manager Stakeholder Relation PIS, Roberth Marchelino Verieza sebagai perwakilan perusahaan.

Arief Sukmara, Corporate Secretary PIS, mengungkapkan program perusahaan baik secara operasional ataupun kegiatan pendukung lainnya merupakan wujud kontribusi nyata Subholding Integrated Marine Logistics untuk terus dapat maju dan berkembang serta selaras dengan pilar Pertamina yaitu Go Green. Upaya-upaya tersebut telah dilakukan dan semoga dapat berdampak secara luas dan berkelanjutan kepada perusahaan dan tentunya masyarakat sebagai stakeholder utama.


Peduli-Lingkungan-Subholding-Integrated-Marine-Logistics-Revitalisasi-Bank-Sampah-dan-Tanam-Mangrove